Sabtu, 08 Oktober 2011

Definisi Dan Tujuan Jaringan Komputer

Apa itu sebenarnya jaringan komputer. Jaringan komputer didefinisikan sebagai  sebuah sistem dimana sistem tersebut terdiri atas komputer(bisa berupa PC, laptop, handphone, dll), software(sistem operasi, aplikasi, dll) dan perangkat jaringan lainnya(misalnya printer) yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.


Tujuan jaringan komputer

Di paragraf awal sudah disebutkan bahwa tujuannya adalah sama, yaitu :
  1. Berbagi sumber daya, maksudnya adalah bahwa satu sumber daya(resource) dapat dipakai secara bersama-sama, sebagai contoh di dalam sebuah jaringan, ada sebuah printer, dan 10 buah komputer. Nah karena konsep dalam berbagi sumber daya, maka tidak perlu 10 printer untuk 10 kompi tadi, cukup satu printer saja. Selain printer, berbagi resource juga berlaku untuk PC, CPU, maupun software aplikasi, intinya hardware dan software.
  2. Komunikasi, sudah jelas disini, contohnya antar pemakai jarkom dapat saling berkomunikasi melalui email, chatting maupun instant messaging.
  3. Akses informasi, contohnya adalah pemakaian web browser sebagai peramban untuk mengakses konten milik komputer lain dengan adanya fasilitas web server

Tipe terbagi 2 yaitu:
  1. Jaringan Client Server
    Tipe jaringan client server disebut Dedicated karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan tidak dapat berperan menjadi work station.
  2. Jaringan Peer To Peer
    Tipe jaringan Peer To Peer disebut Non Dedicated Server karena server tidak berperan murni sebagai server melainkan dapat juga berperan sebagai client (work station)

1 komentar:

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

ok min
power supply hp

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Walgreens Printable Coupons